Template Hotspot | Login Page Mikrotik Premium

Cara Setting Mikrotik Hotspot RB941

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on tumblr
Tumblr

Cara setting mikrotik hotspot RB941 menggunakan wireless bawaan router ini tanpa akses poin tambahan lagi. Sebelum kita masuk ke bahasan tentang cara setting mikrotik ini ada baiknya anda membaca artikel saya sebelumnya tentang cara menghubungkan mikrotik ke internet supaya nantinya anda bisa dengan mudah melakukan konfigurasi hotspot untuk RB941.

Pada tutorial kali ini saya akan memberikan contoh setting hotspot mikrotik pada RB941 dengan menggunakan password, jadi user yang terhubung harus memasukan password yang sudah kita setting pada akses poin wireless rb941 ini, jadi bagi anda yang mencari tutorial setting hotspot mikrotik billing / sistem login silahkan cari artikel lain di halaman artikel kami

Langkah yang pertama pastikan mikrotik anda sudah terhubung ke internet, lalu login mikrotik menggunakan winbox, silahkan download winbox versi terbaru. Jika sudah langkah pertama silahkan buka menu Wirelss kemudian akan muncul tab baru, jika interface wlan masih dalam keadaan disable silakan klik interface tersebut dan klik tanda centang biru agar interface wlan1 aktif.

cara setting mikrotik hotspot rb941

Jika interface wlan1 aktif maka sekarang kita harus melakukan konfigurasi wireless rb941 ini menjadi access point, sebelum itu kita buat dulu password untuk user yang mau terhubung ke wifi kita dengan cara klik menu Security Profiles kemudian tambahkan konfigurasi baru.

Pada Bagian “Name (isi sesuai keinginan anda)” lalu isi password yang ingin anda buat pada kolom “WPA Pre Shared Key” kemudian ketikan ulang pada kolom “WPA2 Pre Shared Key” pengaturan lain bisa diabaikan, klik appy lalu OK.

cara mudah setting mikrotik hotspot

Sekarang kita kembali ke tab “Wifi Interface” klik 2x pada interface wlan1. lalu konfigurasi seperti gambar dibawah ini.

cara setting hotspot mikrotik 941

“SSID” isi sesuai nama Wifi yang ingin anda buat, lalu pada bagian security profiles isi dengan profile yang sudah anda buat tadi. kemudian klik ok. Sampai disini SSID sudah mengeluarkan sinyal tapi klien belum bisa terhubung karena kita belum mengkonfigurasi DHCP server hotspot pada mikrotik rb941 ini.

Langkah selanjutnya kita setting dulu IP Address untuk interface wlan1, klik menu IP > Address kemudian klik tanda + lalu masukan IP untuk wlan1 seperti contoh dibawah ini.

cara menambahkan ip mikrotik

Setelah mengatur IP pada interface wlan1 sekarang kita buat DHCP server untuk interface ini dengan cara klik menu IP > DHCP Server > DHCP Setup. cukup klik next2 tapi silahkan ikuti panduan dibawah ini.

DHCP Server Interface : wlan1
DHCP Address Spaca : biarkan klik next
Gateway For DHCP Network : biarkan, klik next
Address To Give Out : biarkan, klik next
DNS Server: bisa di isi dns google

Sampai disini Server DHCP hotspot mikrotik Rb941 anda sudah selesai, silahkan lakukan pengujian dengan menghubungkan perangkat anda ke SSID yang sudah dibuat tadi, sekalian artikel tentang cara setting mikrotik hotspot Rb941 ini semoga dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkan tutorial ini. Bagi anda yang tidak mau pusing setting mikrotik silahkan beli Paket Hotspot Mikrotik Siap Pakai Langsung Colok untuk Hotspot RT RW NET.

Artikel Populer

Close Menu
× Chat Whatsapp